Selasa, Desember 7, 2021

PDAM Profile

A. STRUKTUR ORGANISASI PDAM KABUPATEN BARITO UTARA

Struktur Organisasi PDAM Kabupaten Barito Utara ditetapkan dengan peraturan Daerah Kabupaten Barito Utara Nomor : 03 / 2005 Tanggal 24 Februari 2005 tentang Susunan Pengurus Perusaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Barito Utara

Badan Pengawas ditetapkan Oleh Bupati Barito Utara Dengan Surat Keputusan Bupati Barito Utara Nomor : 188.45/191/2016 Tanggal 16 Desember 2016 dengan susunan sebagai berikut :

 

  1. Kapasitas Produksi, Sumber Air Baku dan Sistem Pengolahan

Kapasitas Produksi terpasang sampai dengan Tahun 2017 sebesar 5.969.376 M3 dari jumlah ini sebesar 473.040 M3 (7,92%) tidak dapat dimanfaatkan dan kapasitas yang dapat dimanfaatkan (Kapasitas Rill) sebesar 5.496.336 M3 (92,08%) Kapasitas terpasang tidak dapat dimanfaatkan tersebut terutama disebabkan karena jumlah pelanggan masih sedikit.

Sumber air baku yang digunakan PDAM adalah mata air permukaan. Debit sumber air baku yang tersedia sebesar 450 Liter/Dtk dan PDAM tetap menggunakan system perpompaan untuk pengambilan air baju dengan debit sebesar 267,5 L/Dtk dengan tingkat pemanfaatan yang belum maksimal.

 

B. PROFIL PDAM KABUPATEN BARITO UTARA

  1. Gambaran Umum Perusahaan

Pengembangan air minum di Indonesia diterapkan melalui sebuah sistem, yang disebut Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM). SPAM merupakan satu kesatuan sistem fisik (teknik) dan non fisik dari prasarana dan sarana air minum. Pengembangan SPAM menjadi tanggung jawab Pemerintah dan Pemerintah Daerah untuk menjamin hak setiap orang dalam mendapatkan air minum bagi kebutuhan pokok minimal sehari-hari guna memenuhi kehidupan yang sehat, bersih, dan produktif sesuai dengan peraturan perundang-undangan, 10 dan penyelenggaraannya dilakukan oleb Badan Usaha Milik Negara (BUMN) atau Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang dibentuk secara khusus untuk pengembangan SPAM. Di Indonesia, penyelenggaraan tersebut dilakukan oleh PDAM. PDAM didirikan oleh Pemerinta Daerah dengan menempatkan sebagian kekayaan daerah yang dipisahkan sebagai modal dasar PDAM tersebut. Penyertaan modal tersebut merupakan bagian dari investasi permanen Pemerintah Daerah dan dilakukan dengan Peraturan Daerah.

Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Barito Utara didirakn berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Barito Utara Nomor 08 Tahun 1990 tanggal 18 Desember 1990 tentang Pendirian Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Barito Utara.

PDAM Kabupaten Barito Utara merupakan badan usaha milik daerah yang bergerak di bidang industri pengolahan air bersih, untuk memenuhi kebutuhan air bersih bagi masyarakat Kabupaten Barito Utara, baik di ibukota kabupaten maupun kecamatan. PDAM Kabupaten Barito Utara berlokasi di jalan Jend. Sudirman No. 38, Kalimantan Tengah dengan telp. (0536)21223 PDAM Kabupaten Barito Utara memiliki instalasi pengolahan Air 267,50 liter/detik untuk melayani masyarakat kecamatan 11 IKK yaitu :

  1. Muara Teweh
  2. IKK Lahei
  3. IKK Kandui
  4. IKK TP. Laung
  5. IKK Lewo
  6. IKK Jingah
  7. IKK ABP. Sikam
  8. IKK Trahean
  9. IKK Lampeong
  10. IKK Benangin
  11. IKK Hajak
  12. IKK Benao

 

 

PROFILE WILAYAH dan PDAM

 

A. PROFIL KABUPATEN BARITO UTARA

  1. Kondisi Wilayah
  • Letak Wilayah

Kabupaten Barito Utara adalah salah satu kabupaten di Provinsi Kalimantan Tengah, Indonesia. Ibu Kota Kabupaten ini terletak di Muara Teweh. Kabupaten ini berdiri pada tanggal 29 Juni 1959. Semboyan kabupaten ini adalah “Iya Mulik Bengkang Turan” yang berada di pedalaman pulau kalimantan tepatnya di Bagian Timu Laut Provinsi Kalimantan Tengah, yang meliputi seluruh bagian DAS (Daerah Aliran Sungai) Barito, seperti halnya kabupaten-kabupaten lain di Provinsi Kalimantan Tengah, secara geografis Kabupaten Barito Utara terletak di daerah Khatulistiwa yaitu pada posisi 114’ 27’ 00’ – 115’ 49’ 00’ Bujur Timur dan 0’ 58’ 30’ Lintang Utara – 1’ 26’ 00’ Lintang Selatan.

  • Batas Wilayah

Secara administratif Kabupaten Barito Utara berbatasan dengan wilayah:

  1. Sebelah Utara berbatasan dengan Provinsi Kabupaten Murung Raya.
  2. Sebelah Barat berbatasan dengan Kabupaten Kapuas dan Kabupaten Gunung Mas.
  3. Sebelah Selatan berbatasan dengan Kabupaten Barito Selatan dan Provinsi Kalimantan Selatan
  4. Sebelah Timur berbatasan dengan Kabupaten Provinsi Kalimantan Timur

 

  • Luas Wilayah

Luas wilayah Kabupaten Barito Utara adalah ± 1.019.143 Ha, yang secara administrasi terbagi dalam 9 kecamatan, yaitu Kecamtan Teweh Tengah, Kecamatan Gunung Purei, Kecamatan Lahei, Kecamatan Gunung Timang, Kecamatan Montallat, Kecamatan Teweh Timur, Kecamatan Teweh Selatan, Kecamatan Teweh Baru, dan Kecamatan Lahei Barat.

  1. Kependudukan

Jumlah penduduk Kabupaten Barito Utara pada tahun 2017 sejumlah 152.308 jiwa dengan penyebaran per kecamatan sebagai berikut:

  1. Ekonomi dan Sumber Daya Alam

Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) merupakan jumlah produk nilai barang dan jasa yang dihasilkan oleh berbagai unit produksi atau jumlah balas jasa yang diterima oleh faktor produksi yang ikut serta dalam proses produksi, jumlah pengeluaran yang dilakukan untuk konsumsi rumah tangga, lembaga swasta, konsumsi pemerintah dan perubahan ekspor neto dari satu daerah. Dengan demikiran dengan angka PDRB dapat terlihat seberapa besar kegiatan perekonomuan yang dihasilkan dalam kurun waktu tertentu di Kabupaten Barito Utara dan pertumbuhan dari kegiatan perekonomian Kabupaten Barito Utara jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Sumber Daya Alam kabupaten Barito Utara terbesar terdapat pada sektor pertanian, Perternakan, Kehutanan, dan Perikanan yang memberikan kontribusi terbesar bagi masyarakat, baik sebagai penghasil devisa maupun sebagai lapangan pekerjaan, Sub sektor tanaman Bahan Makanan, Tanaman perkebunan, Peternakan dan Hasil Hasilnya, kehutanan dan perikanan masih memegang peranan penting dalam kehidupan sosial budaya masyarakat.

 232 total views,  2 views today

Welcome Back!

Login to your account below

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.